Demam Berdarah: Penyebab, Gejala, Pengobatan, Serta Cara Mencegahnya

Demam Berdarah: Penyebab, Gejala, Pengobatan, Serta Cara Mencegahnya - Saat ini banyak orang mencari tahu ciri – ciri penyakit demam berdarah karena banyak orang yang belum mengetahuinya dan sebagai langkah pemeriksaan dini agar segera mendapat penanganan yang tepat jika mengalami demam berdarah.

Demam Berdarah: Penyebab, Gejala, Pengobatan, Serta Cara Mencegahnya
Demam Berdarah

Demam Berdarah

Demam berdarah itu sendiri merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat Indonesia. Mulai dari anak – anak sampai orang dewasa dapat terserang penyakit yang satu ini.

Demam Berdarah Berdasarkan Penyebabnya

Demam berdarah sebenarnya disebabkan oleh virus dengue. Virus tersebut terdapat pada nyamuk aedes aegypti betina yang sudah terinfeksi virus tersebut. Jadi, seseorang yang digigit oleh nyamuk tersebut akan ikut terkena virus yang menjadi penyakit demam berdarah. Biasanya nyamuk berwarna belang – belang putih ini menggigit korbannya pada siang hari.

Virus dengue sebenarnya terdiri dari 4 jenis. Namun, jenis yang paling banyak ditemukan di Indonesia adalah Dengue Tipe 3. Virus ini menimbulkan gangguan pada peredaran darah dan dapat berujung pada kematian jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Demam Berdarah Menurut Gejalanya

Seseorang yang menderita demam berdarah akan mengalami beberapa ciri – ciri sebelum didiagnosis menderita DBD. Gejala tersebut di antaranya adalah panas tinggi selama berhari – hari, terdapat bintik – bintik merah di kulit, mimisan, muntah darah, dan kadang mengalami nyeri di ulu hati karena lambung mengalami pendarahan. Jika penyakit sudah cukup parah, selain ciri – ciri penyakit demam berdarah tersebut, pasien biasanya akan merasa gelisah serta tangan kakinya mengalami keringat dingin.

Demam Berdarah Ini Cara Mengobatinya

Jika seseorang diketahui mengalami demam berdarah setelah mengalami beberapa ciri – ciri penyakit demam berdarah, pasien sebaiknya diminta untuk minum sebanyak mungkin. Berikan obat penurun panas agar suhunya turun. Bila dalam waktu tiga hari demam masih belum turun, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit.Atau jika pasien terus menerus muntah dan kondisinya bertambah parah, tidak perlu menunggu tiga hari untuk membawanya ke rumah sakit.

Cara Mencegah Demam Berdarah

Untuk mencegah atau menghindari penyakit demam berdarah, ada beberapa upaya pemberatasan yang dapat dilakukan. Cara yang paling mudah adalah dengan menutup tempat penampungan air, rajin menguras bak mandi, dan mengubur barang bekas yang sering dijadikan sarang nyamuk. Upaya pencegahan lainnya adalah dengan fogging. 

Biasanya tindakan ini akan dilakukan jika ada tiga penderita demam yang rumahnya berjarak sekitar 100 meter dari orang yang meninggal akibat DBD. Jika fogging dirasa cukup merepotkan, Anda dapat menaburkan bubuk abate dalam tempat penampungan air atau bak mandi.

Related Posts:

0 Response to "Demam Berdarah: Penyebab, Gejala, Pengobatan, Serta Cara Mencegahnya"

Posting Komentar