Diabetes Mellitus : Diet Dan Cara Terapinya

Diabetes Mellitus : Diet Dan Cara Terapinya - Diabetes Mellitus merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin atau tubuh tidak mampu mengoptimalkan kinerja hormon insulin.

Diabetes Mellitus : Diet Dan Cara Terapinya
Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus

Insulin itu sendiri merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas di dalam tubuh dan berfungsi untuk menguraikan gula yang masuk ke dalam tubuh. Jika hormon insulin tidak ada atau tidak berfungsi, kadar gula darah di dalam tubuh akan meningkat dan menyebabkan komplikasi pada pasien. Oleh sebab itu pasien Diabetes Mellitus harus disiplin dalam mengontrol gula darahnya agar tetap dalam keadaan normal.

Diabetes Mellitus, Bagaimana Cara Dietnya

Diet untuk penderita Diabetes Mellitus bertujuan untuk membantu memperbaiki pola makan dan menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh. Diet tersebut meliputi pemilihan jenis makanan yang rendah kadar gula dan juga olahraga. Dengan melakukan diet pasien diharapkan dapat mempertahankan kadar lemak darah pada angka yang normal dan mendapat energi yang cukup untuk mempertahankan berat ideal. Makanan yang dianjurkan untuk pasien Diabetes Mellitus adalah sebagai berikut:
  • Nasi
  • Kentang
  • Singkong
  • Mie
  • Ayam tanpa kulit
  • Ikan
  • Tempe
  • Kacang – kacangan
  • Dan tahu
Sementara itu makanan yang tidak disarankan antara lain adalah sirup, gula pasir, gula jawa, buah-buahan kaleng, susu kental manis, ice cream, makanan siap saji, gorengan, telur asin, makanan yang mengandung pengawet, dan ikan yang diasinkan.

Diabetes Mellitus Dari Segi Penyebabnya

Akar penyebab diabetes mellitus adalah masalah gaya hidup, penuaan, infeksi, keturunan, dan obesitas. Gaya hidup yang tidak sehat atau faktor keturunan menyebabkan seseorang mengalami gangguan pada organ pankreas dan mengganggu produksi insulin.

Diabetes Mellitus, Cara Terapi Penyembuhannya

Pasien Diabetes Mellitus dapat melakukan terapi sesuai dengan anjuran dokter untuk mengontrol kadar gula darah agar selalu dalam keadaan normal. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para penderita diabetes melitus untuk menjaga kadar gula darah antara lain adalah rajin berpuasa, banyak berolahraga, dan makan dengan makanan alternatif seperti kentang dan mengganti gula biasa dengan gula jagung. 

Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak berlebih dan mengandung glukosa yang tinggi. Demikian ulasan singkat kami tentang Diabetes Mellitus. Anda dapat juga membaca beberapa artikel kami yang lain seperti pengertian leukimia dan pengertian malaria.

Related Posts:

0 Response to "Diabetes Mellitus : Diet Dan Cara Terapinya"

Posting Komentar