Diare: Ciri-Ciri, Penanganan, Dan Penyembuhannya

Diare: Ciri-Ciri, Penanganan, Dan Penyembuhannya - Diarrhea atau yang kita kenal dengan diare merupakan sebuah penyakit di mana seseorang yang menderita penyakit ini mengalami peningkatan frekuensi buang air besar.
Diare: Ciri-Ciri, Penanganan, Dan Penyembuhannya
Mekanisme Diare

Diare

Penderita mengalami rangsangan untuk terus menerus melakukan buang air besar dengan feses yang mengandung air berlebihan. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami diare. Jadi tidak hanya bakteri saja yang dapat menimbulkan diare tetapi beberapa faktor lain juga turut berpengaruh misalnya ginjal terluka, alergi terhadap gula fruktosa / laktosa, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas atau asam, dan juga kelebihan vitamin C. Sementara itu bakteri yang menjadi penyebab diare biasanya disebabkan oleh bakteri Vibrio cholera, Salmonella, dan juga E Coli.

Diare Berdasarkan Ciri-Cirinya

Sama seperti penyakit lainnya, penyakit diare juga memiliki beberapa ciri – ciri yang dialami oleh penderitanya. Ciri – ciri tersebut antara lain adalah rasa mulas, sakit perut, frekuensi buang air besar meningkat, dan kadang nafsu makan mengalami penurunan. Selain itu, beberapa penderita mungkin juga merasa mual dan mengalami buang air besar yang disertai dengan bercak darah. Jika penderita mengalami ciri – ciri penyakit diare yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera ditangani agar segera sembuh.

Diare, Bagaimana Cara Penanganannya?

Seseorang yang diketahui mengalami diare harus segera mendapatkan penanganan yang tepat karena jika dibiarkan akan semakin parah dan dapat membahayakan keselamatan jiwa. Untuk penanganan pertama, penderita diminta untuk meminum banyak air. Hal ini bertujuan untuk mengganti zat kimia dan cairan tubuh yang telah hilang. Jika diare sudah terjadi selama lebih dari satu hari dan jumlah air seni berkurang, penderita sebaiknya dibawa ke rumah sakit karena kemungkinan mengalami dehidrasi. Selama diare, penderita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan padat.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Diare?

Saat ini di apotek dan warung – warung telah tersedia obat diare dengan beberapa merek. Pasien dapat meminum obat tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Namun selalu baca petunjuk penggunaan dan kontra indikasi sebelum meminumnya untuk memastikan obat tersebut aman untuk pasien. Atau jika tidak menggunakan obat dapat meminum oralit yang dapat dibeli dari apotek maupun membuatnya sendiri di rumah.

Related Posts:

0 Response to "Diare: Ciri-Ciri, Penanganan, Dan Penyembuhannya"

Posting Komentar