Penyakit Malaria : Gejala, Ciri Ciri, Dan Pengobatannya

Penyakit Malaria : Gejala, Ciri Ciri, Dan Pengobatannya - Malaria merupakan penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina yang telah terinfeksi parasit bernama Plasmodium. Parasit yang masuk ke dalam tubuh manusia akan berkembang di hati dan menginfeksi sel darah merah.
Penyakit Malaria : Gejala, Ciri Ciri, Dan Pengobatannya
Penyakit Malaria

Penyakit Malaria

Kasus penyakit Malaria banyak ditemukan di daerah subtropis dan tropis karena parasit Plasmodium dapat dengan mudah berkembang biak di daerah seperti ini. Penyakit Malaria termasuk penyakit yang tidak boleh dianggap enteng karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Penyakit Malaria Menurut Gejalanya

Gejala penyakit malaria memang hampir sama dengan gejala flu. Biasanya penderita mengalami panas atau demam, sakit kepala, menggigil, dan nyeri otot. Gejala lainnya adalah kulit penderita menjadi berwarna agak kuning karena sel hati dan sel darah merah mengalami kerusakan. Selain itu, pasien juga biasanya merasa gelisah dan tidak nyaman.

Penyakit Malaria Berdasarkan Ciri Cirinya

Penyakit Malaria memiliki beberapa ciri – ciri yang mengindikasikan bahwa seseorang terserang penyakit malaria. Namun ciri – ciri tersebut seringkali kurang disadari karena hampir sama dengan gejala flu dan demam sehingga seringkali tidak disadari bahwa seseorang telah menderita penyakit malaria. Namun ciri khas dari malaria adalah terjadinya siklus menggigil, berkeringat, dan demam yang terjadi secara berulang.

Obat Penyakit Malaria

Pengobatan pada penyakit malaria sebenarnya tergantung dari jenis parasit yang menginfeksi dan resistensi parasit Plasmodium terhadap klorokuin. Jika serangan malaria falciparum akut dan parasit resisten terhadap klorokuin, pasien dapat diberi kuinidin atau kuinin secara intravena. Sedangkan pada malaria yang tidak mengalami resistensi terhadap klorokuin dapat diberi primakuin dan klorokuin. 

Jika Anda mencari cara tradisional untuk mengatasi malaria, Anda dapat memanfaatkan daun pepaya. Percaya atau tidak, daun pepaya ternyata efektif untuk mengobati malaria. Caranya, siapkan beberapa lembar daun pepaya. Setelah itu rebus daun pepaya tersebut dan minum air rebusannya 3 kali sehari

Untuk upaya pencegahan penyakit malaria dapat dilakukan dengan fogging. Tetapi biasanya langkah ini merupakan program dari pemerintah untuk daerah – daerah endemik malaria. Jika ingin melakukan upaya pencegahan mandiri, sebaiknya Anda selalu menggunakan krim anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk. Di kamar, Anda dapat memasang kelambu agar nyamuk tidak dapat menggigit pada saat tidur. Semprotkan pula obat nyamuk di dalam rumah agar rumah bebas dari nyamuk.

Related Posts:

0 Response to "Penyakit Malaria : Gejala, Ciri Ciri, Dan Pengobatannya"

Posting Komentar