Tuberkulosis (TBC): Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya

Tuberkulosis (TBC): Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya - Tuberkulosis atau yang biasa dikenal dengan TBC adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan. TBC termasuk jenis penyakit menular.

Tuberkulosis (TBC): Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya
Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis (TBC)

Sampai saat ini TBC juga masih menjadi salah satu penyakit yang menjadi sorotan dunia. Pasalnya sampai saat ini belum ada satu pun negara yang bebas dari penyakit ini. Selain itu, jumlah penderita dan angka kematian penyebab penyakit ini juga tergolong tinggi.

Tuberkulosis Berdasarkan Penyebabnya

TBC disebabkan oleh bakteri tuberkulosis. Bakteri penyebab TBC adalah basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu yang lama untuk mengobati penyakit ini. Biasanya bakteri ini menginfeksi organ paru – paru. Namun tidak menutup kemungkinan bakteri ini menginfeksi organ lain seperti ginjal, usus, kelenjar getah bening, bahkan otak

Tuberkulosis Menurut Gejalanya

Seseorang yang terinfeksi oleh virus TBC biasanya akan mengalami panas atau demam yang tidak terlalu tinggi. Demam tersebut berlangsung cukup lama dan biasanya dirasakan pada malam hari serta penderita mengeluarkan keringat dingin. 

Gejala yang juga sering muncul adalah penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, dan batuk selama berminggu – minggu. Dalam beberapa kasus, batuk kadang disertai dengan darah. Gejala lain yang sering muncul adalah sesak nafas dan nyeri di dada, badan lesu, dan sering berkeringat pada malam hari.

Tuberkulosis Pada Anak, Benarkah?

Penyakit Tuberkulosis tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, tetapi juga anak – anak. Tuberkulosis pada anak berbeda dengan Tuberkulosis pada orang dewasa. Pada anak – anak TBC menginfeksi primer pada parenkim paru. Infeksi ini tidak menyebabkan batuk sehingga sulit menemukan gejala khas TBC seperti batuk berdahak. 

Kuman pada parenkim paru cenderung lebih sedikit sehingga penyakit ini tidak akan menular pada sesama anak. Penyakit Tuberkulosis memang mudah menular dari orang dewasa ke anak. Namun penyakit ini tidak akan menular dari anak yang terinfeksi dengan anak lain. Anak – anak yang memiliki sistem imun lemah akan mudah terserang Tuberkulosis karena penyakit ini menular melalui udara

Tuberkulosis (TBC) Berikut Pengobatannya

Saat ini pengobatan yang dilakukan untuk tuberkulosis adalah dengan pemberian antiobiotik. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan TBC. Jenis antibiotik yang sering digunakan adalah rifampicin dan isoniazid. Pengobatan TBC waktu yang cukup lama, bahkan hingga berbulan – bulan. Tuberkulosis aktif diobati dengan pemberian kombinasi dari beberapa antibiotik.

Related Posts:

0 Response to "Tuberkulosis (TBC): Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya"

Posting Komentar